Arti Offside di Pertandingan Sepakbola

Berikutnya setelah istilah hat trick dan live score, yang juga sering kita dengar adalah istilah “offside” atau “off-side”. Lalu apa maksud dan arti sebenarnya? Berikut di bawah ini akan kami jelaskan secara sederhana.

Offside atau Di Luar Posisi

Boleh dikatakan bahwa hampir di semua laga pertandingan akan terjadi apa yang dinamakan “offside” ini. Offside adalah posisi di mana seorang pemain lebih dekat ke gawang lawan dari pemain tim lawan itu sendiri. Biar lebih gampang coba amati gambar ilustrasi offside yang kami berikan di bawah ini. Laga antara tim biru dan tim merah.

Anda perhatikan pergerakan pemain tim biru. Ada yang sangat mendekati gawang tim merah bukan? Nah, pemain tim biru ini sudah di luar posisi. Jika satu temannya yang sedang menguasai bola (bulatan putih) mengoper ke pemain tim biru ini, maka sudah pasti akan terjadi offside. Mengapa akan terjadi offside? Karena dianggap pemain tim biru itu berbuat curang, sudah menunggu di depan gawang tanpa perlawanan. Garis hitam putus-putus itu adalah semacam batasannya meski tidak terlihat dan batasan ini ada di kedua sisi lapangan. Biasanya hakim garis yang berdiri di sisi garis ini, berlari mondar mandir melihat ada tidaknya pelanggaran offside. Ada minimal 2 hakim garis yang berdiri di tiap-tiap sisi lapangan atau tiap tim.

Tanpa ada 2 syarat yang disebutkan di atas maka tidak akan pernah terjadi pelanggaran offside. Jadi yang pertama perlu diketahui adalah harus ada operan bola. Selama tidak ada operan bola maka tidak akan pernah ada offside. Seorang pemain boleh berdiri atau menunggu di dekat gawang lawan. Agen Judi Online Sah-sah saja selama tidak ada operan bola. Namun begitu bola sudah dioper otomatis menjadi offside. Ibaratnya si pemain sedang menunggu durian jatuh atau main belakang. Enak gak ya main dari belakang?..hehe

Namun sebaliknya offside tidak terjadi jika bola tersebut bukan umpanan langsung (operan) melainkan dribel (dikocek langsung si pemain). Jika kejadiannya seperti ini bukanlah offside meski si pemain sudah berhasil melewati semua pemain lawan. Karena bola dibawa langsung oleh si pemain dari jauh. Jika terjadi offside maka bola menjadi milik kiper tim lawan dan selanjutnya dilakukan tendangan gawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *