Wanita Ini Menjadi Pembicara Satu-Satunya Dari Indonesia Di World Football Summit Asia 2019

Presiden klub Persijap Jepara, Esti Puji Lestari, mendapatkan kehormatan untuk menjadi pembicara di World Football Summit (WFS) Asia 2019 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 29-30 April nanti.

Esti menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembicara di kegiatan tersebut. WFS adalah sebuah agenda pertemuan komunitas sepakbola dunia, yang mana dihadiri lebih dari 100 klub sepakbola dari lebih 50 negara.

Sehingga dalam kegiatan itu terjadi diskusi atau berbagi pengalaman di antara para pelaku industri sepakbola, yang ujungnya bisa saling bekerja sama untuk mengembangkan bisnis di sepakbola profesional bagi para peserta.

Esti memaparkan dirinya bisa menjadi pembicara di acara tersebut tak lepas dari adanya peran La Liga. “Rodrigo Gallego selaku perwakilan La Liga di Indonesia memperkenalkan saya kepada La Liga, kepada SD Eibar, kemudian sekarang mereka mempercayakan untuk mengundang saya sebagai bagian dari aktivitas La Liga di Indonesia untuk menjadi pembicara di World Football Summit,” ungkap Esti, kepada Goal Indonesia.
“Tentunya ini tidak mudah, tidak semua orang bisa menjadi pembicara. Kita harus mempunyai visi dan misi yang jelas, serta juga mampu untuk memaparkan apa yang kita tahu tentang pengalaman kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, Esti pun mengungkapkan apa yang bakal disampaikannya dalam forum sepakbola internasional tersebut. Menurutnya, nantinya dia akan diikutsertakan dalam sebuah panel yang akan membahas partisipasi wanita dalam pembuat keputusan di sepakbola.

“Di sini yang ingin saya bahas adalah partisipasi di Indonesia untuk wanita bisa memegang keputusan di sepakbola yang menurut saya masih sangat minim. Semoga dengan adanya komitmen awal dari saya sebagai presiden sepakbola wanita, saya bisa menggaet atau bisa meng-influence banyak sekali wanita-wanita yang ingin berkarier di sepakbola wanita,” paparnya.

“Nanti juga saya akan berbicara dengan AFC Women Development, kemudian ada dari FIFA juga. Jadi nanti kami akan berbagi pengetahuan pengalaman masing-masing dari bidang masing-masing. Saya berharap saya bisa membikin kontribusi yang besar ketika World Football Summit itu,” pungkasnya.

Selain Esti, beberapa pembicara lainnya adalah Dato’ Windsor John yang merupakan sekretaris jenderal AFC, Christian Karembeu serta Fernando Morientes selaku duta La Liga. Ada juga chairman Japan Professional Football League, Mitsuru Murai, kemudian Lili Bai (Head of Womens Football AFC), dan masih banyak lagi pembicara lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *